Rabu, 03 April 2013

KOMPUTASI MODERN PADA WEBSITE BURSA EFEK INDONESIA

Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuanHz), problem volume besar (paralel), modeling (NN dan GA) dan kompleksitas (menggunakan Teori Big O).

Karakteristik Komputasi Modern

Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
  1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Manfaat Komputasi Modern

Banyak manfaat yang terjadi dengan adanya komputasi modern, diantaranya adalah:
Perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manuisa dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.
Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini.
Contoh alat yang dapat membantu manusia dalam konsep komputasi modern adalah:
Mobile computing merupakan kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan  perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

Contoh Website Komputasi Modern yaitu  http://www.idx.co.id milik Bursa Efek Indonesia.









Website ini memilki perhitungan komputer yang sangat bagus dan handal karena menggunakan sistem algoritma dalam mendapatkan data per detiknya untuk mengetahui berbagai aktivitas pasar saham dari seluruh saham di dunia.




sumber :
- http://www.idx.co.id/
- http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/mengenal-komputasi-modern/

Komentar :
Kelebihan dari website ini, mempunyai banyak fitur yang disediakan untuk para pemain saham untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat.
kelemahan : website ini sangat lambat untuk dibuka pertama kalinya, karena adanya proses berkala untuk memperbaharui fitur informasi pasar saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar